Senin, 12 Desember 2016

Tata Cara Belanja di Ebay dengan Mudah

Tata Cara Belanja di Ebay- Belanja online kini merupakan kegiatan transaksi jual beli yang paling digandrungi. Salah satu alasannya adalah bahwa belanja online lebih mudah dan praktis. Bagi anda yang suka belanja online, anda tentunya sudah familiar dengan ebay, bukan? Bagi anda yang ingin belanja di ebay tetapi masih bingung caranya, berikut penjelasan mengenai Tata Cara Belanja di Ebay.

Apa itu Ebay?




Ebay merupakan platform belanja online atau transaksi jual beli dengan sistem online yang berlaku secara internasional. Jadi di Ebay anda tidak akan hanya bertemu dengan penjual dari Indonesia, tapi juga dari negara-negara lain. Pada awalnya ebay hanya menjual barang-barang koleksi atau barang-barang yang sudah jarang ditemui di pasaran. Namun seiring berjalannya waktu ebay berkembang sehingga tidak hanya menjual barang-barang koleksi, tapi semua barang-barang yang anda butuhkan sehari-hari.

Sistem Kerja Ebay

Sistem penjualan di ebay menggunakan sistem pelelangan. Jadi karena merupakan sistem pelelangan maka anda harus memasang harga yang lebih tinggi agar anda bisa memiliki barang yang anda inginkan. Anda dapat melakukan transaksi penawaran dan penjualan di ebay apabila anda sudah menjadi anggota serta membuat daftar pelelangan. Apabila anda sudah membuat daftar pelelangan maka selanjutnya anggota ebay lainnya yang berminat dengan barang yang anda tawarkan akan melakukan penawaran. Nah, cara belanja di ebay ini memang beda dari platform belanja online yang lainnya. Oleh sebab itu platform ebay ini sangat cocok bagi anda yang memiliki barang unik dan ingin menjualnya.

Barang yang dijual di Ebay

Barang yang dijual di ebay tentunya sangat beraneka ragam. Mulai dari peralatan elektronik, perabotan rumah tangga, barang fashion, bahkan sampai kendaraan. Selain itu juga barang-barang yang dijual di ebay juga bisa merupakan barang-barang pebisnis dan pedangan ekspor/impor. Di ebay ini siapapun dapat menjual barang-barang tersebut asal kondisi barang yang ingin dijual masih layak pakai atau dalam kondisi yang prima.

Cara belanja di Ebay


Tata cara belanja di ebayyang pertama yaitu anda harus mendaftar terlebih dahulu sebagai member atau anggota ebay di www.ebay.com. Pada saat mendaftar menjadi anggota, ikutilah instruksi dan isilah data-data anda dengan benar. Jika anda sudah mengisi semua data-data pribadi anda maka selanjutnya anda hanya perlu untuk mengklik tombol “register”. Setelah anda sudah terdaftar menjadi anggota di ebay maka selanjutnya anda dapat log in dan memilih barang yang anda inginkan.

Pada saat anda sudah menemukan barang yang anda inginkan, anda akan masuk ke dalam proses pelelangan. Jika anda sangat menginginkan barang tersebut, tawarlah dengan harga tertinggi. Apabila anda memenangkan pelelangan tersebut selanjutnya ebay akan memberikan notifikasi pada penjual bahwa anda yang akan membeli barang tersebut. Kemudian anda hanya perlu menunggu notifikasi mengenai ongkos kirim yang harus anda bayarkan. Setelah itu anda bisa mentransfer uang sejumlah harga barang dan ongkos kirim tersebut. Anda juga akan menerima konfirmasi dari si penjual apabila transfer uang anda sudah diterima dan anda pun hanya tinggal menunggu barang dikirimkan oleh penjual tersebut.

Pembayaran di Ebay


Metode pembayaran resmi yang digunakan di ebay adalah paypal. Jadi sebelumnya anda harus terlebih dahulu membuat akun paypal di www.paypal.com. Namun untuk menggunakan paypal anda juga harus memiliki kartu kredit. Nah, bagi anda yang tidak memiliki akun paypal anda juga dapat melakukan pembayaran menggunakan kartu kredit. Tetapi perlu anda ingat bahwa pembayaran melalui paypal lebih mudah.


Begitulah tata cara belanja di ebay. Semoga informasi ini dapat membantu anda yang ingin belanja di ebay.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar