Selasa, 08 November 2016

3 Cara Menggunakan Kartu Kredit Agar Tidak Kena Bunga

Cara menggunakan kartu kredit agar tidak kena bunga – Setiap transaksi yang berhubungan dengan pihak bank akan dikenakan bunga, namun bagaimana dengan kartu kredit?, bisakah kartu kredit yang dimiliki tidak dikenai bunga?.  Tentu saja bisa asalkan nasabah tahu caranya. Bunga kartu kredit ini cenderung lebih tinggi dibandingkan dengan bunga yang dipinjam saat mengajukan kredit di bank.

Bunga  kartu kredit ini dipengaruhi dengan transaksi yang dilakukan oleh pihak nasabah. Bunga kartu kredit yang dibayarkan jumlahnya bisa mencapai 3 % jika nasabah membayar jumlah minimum total dari tagihan kartu kredit tersebut. Simak beberapa cara menggunakan kartu kredit agar tidak kena bunga berikut ini :

Mengamati Kartu Kredit


Langkah pertama agar bebas bunga adalah nasabah harus mengamati dan mencermati kartu kredit yang dimilikinya.  Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam kartu kredit adalah berikut ini :

1.      Tanggal Cetak
Tanggal ini merupakan hasil print dari total transaksi selama sebulan yang lalu. Misalnya saja di tanggal cetak tertera tanggal 24 Mei 2016, maka tagihan yang akan muncul di hasil print out adalah tagihan transaksi sampai dengan tanggal 23 Mei 2016.

2.      Jatuh Tempo
Yang harus diperhatikan lainnya adalah tanggal jatuh tempo. Tanggal ini tidak boleh terlupa sebab jika tidak membayar sampai tanggal jatuh tempo nasabah akan dikenakan denda. Bisanya tanggal jatuh tempo ini 15 hari setelah hasil print out keluar.

3.      Tagihan Minimum
Pemilik kartu kredit boleh saja tidak membayar seluruh total tagihan dari transaksi yang dilakukannya, namun hanya membayar jumlah minimum saja. Pembayaran minimum ini sebesar 10 persen dari jumlah total tagihan yang harus dibayarkan oleh nasabah.

Lunasi Sebelum Jatuh Tempo

Cara menggunakan kartu kredit agar tidak kena bunga lainnya adalah dengan melunasi tagihan kartu kredit sebelum jatuh tempo. Sebaiknya jangan membayarkan jumlah minimum sebab jika membayar jumlah minimum nasabah akan terkena bunga sebanyak 3 persen. Tanggal jatuh tempo ini sangat penting untuk diperhatikan bagi pemilik kartu kredit.  Sebelum jatuh tempo segera lunasi semua total tagihan yang tertera di kartu kredit yang dimiliki. 



Nominal yang tidak terbayarkan akan terkena bunga setiap bulan setiap jatuh tempo pada bulan bulan berikutnya. Jika sudah begitu, bukankah pembayaran kartu kredit semakin berat untuk dilakukan?. Oleh sebab itu bayarlah tagihan kartu kredit secara menyeluruh dan tepat waktu. Selain terkena bunga, biaya keterlambatan pun akan ditagih pada tagihan kartu kredit yang selajutnya. Efek negatif lainnya adalah terlambat membayar tagihan akrtu kredit bisa menylitkan nasabah jika ingin mengajukan kredit.

Promo dan Cicilan

Bank berlomba lomba memberikan kenyamanan kepada nasabahnya dengan memberikan promo menarik. Banyak sekali penawaran promo dari kartu kredit yang bisa diambil oleh nasabah. Beberapa promo yang biasa diberikan oleh bank penerbit kartu kredit adalah diskon, poin, reward, cash back dan cicilan bunga yang besarnya 0 persen. Nasabah harus pintar pintar dalam mengambil promo yang ada. Misalnya saja adalah kartu kredit menawarkan diskon atau potongan harga sebanyak 50 persen. Nasabah bisa mengambil promo tersebut selama harga yang ditawarkan masih menguntungkan dan sesuai dengan kemampuan pembayaran.

Promo lainnya yang menggiurkan adalah adalah promo cicilan sampai satu tahun dengan bunga 0 persen. Nah promo inilah yang bisa nasabah ambil agar bisa bertransaksi menggunakan kartu kredit tanpa dikenakan bunga. Promo ini bisa nasabah manfaatkan untuk membeli barang yang harganya tinggi tanpa harus dibayarkan secara tunai dengan penuh.


Meski nasabah semakin dimanjakan dengan fasilitas yang dimiliki kartu kredit, nasabah tetap harus menggunakan kartu kredit dengan bijak. Cara menggunakan kartu kredit agar tidak kena bunga tersebut merupakan salah satu langkah bijak menggunakan kartu kredit agar tagihan tidak membengkak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar