Sabtu, 23 Januari 2016

Tutorial Membuat Sitemap Dengan PHP

Cara Membuat Sitemap Dengan PHP
Kembali lagi di Linggau Tamvan Jr. pada kali ini saya akan mengajarkan kepada kalian tentang apa & bagaimana Cara Membuat Sitemap Dengan PHP, sangat simple dimana anda bisa membuat sitemap melalui sitemap gnerator, sitemap xml untukwordpress, untuk website grabber, pada grabber mp3soundcloud dan lain-lain bahkan dengan php mysql pun juga bisa.

Sitemap sangat penting untuk perkembangan situs anda karena sitemap hanya sebagai pendukung dalam menyebarkan kontent pada situs kita dimana Googlesendiri pun pada verifikasi webmaster menyarankan untuk memasukan/men-submit sitemap/rss yang ada pada website anda, bertujuan untuk mempercepat kontent situs anda pada search engine google.

A. Pertama dalam membuat script php untuk sitemap akan saya beri contoh sederhana dan siapkan alat tempur berikut ini :

1. .htaccess
2. sitemap.php

B. Anda buka file .htaccess dan beri script dibawah ini lalu simpan.

  1. RewriteEngine On  
  2. RewriteBase /  
  3.   
  4. RewriteRule ^sitemap.xml$ sitemap.php [L]  
Keterangan : Dalam file htaccess saya meletakan rewrite url pada sitemap.php ke sitemap.xml karena aktensi sitemap harus pada aktensi xml.

C. Buka file sitemap.php anda lalu kasih saja script code sitemap percontohan saya ini dan simpan.
  1. <?php   
  2. header("Content-Type: application/xml; charset=utf-8");   
  3. echo '<?xml version="1.0" encoding="UTF-8"?>'.PHP_EOL;   
  4. echo '<urlset xmlns="http://www.sitemaps.org/schemas/sitemap/0.9" xmlns:xsi="http://www.w3.org/2001/XMLSchema-instance" xsi:schemaLocation="http://www.sitemaps.org/schemas/sitemap/0.9 http://www.sitemaps.org/schemas/sitemap/0.9/sitemap.xsd">' .PHP_EOL;   
  5.    
  6. function urlElement($url) {  
  7. echo '<url>'.PHP_EOL;   
  8. echo '<loc>'.$url.'</loc>'. PHP_EOL;   
  9. echo '<changefreq>weekly</changefreq>'.PHP_EOL;   
  10. echo '</url>'.PHP_EOL;  
  11. }   
  12.    
  13. urlElement('http://technology-tower.blogspot.com/');   
  14. urlElement('http://natalcybern3.blogspot.com/');   
  15. urlElement('http://natalcybern3.blogspot.com/');   
  16. echo '</urlset>';   
  17. ?>  

Keterangan : Pada file sitemap.php saya meletakan fungsi header xml, bertujuan untuk memberikan format aktensi file php ke file xml sitemap.

Setelah sukses anda simpan itu semua maka silahkan akses situs anda dengan cara memanggil url anda contoh : domainsaya.com/sitemap.xml dan jika berhasil tampilannya akan seperti berikut ini.



Seperti halnya Rss, sitemap pun juga sama seperti itu dengan file aktensi harus xml, namun sitemap jauh bisa memuat kontent pada website yang sangat banyak bisa sampai 300 atau 500 kontent pada apa yang ada di situs anda.

Cukup sekian sampai disini dulu tentang cara membuat file sitemap menggunakan script php dan jika ada yang mau ditanyakan silahkan berkomentar yang sudah tutorialku.net sediakan. Terima Kasih :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar